Minggu, 11 Januari 2015

Edukasi: Keracunan Ikan Tongkol



Tidak pernah terfikir oleh saya sebelumnya bahwa ikan laut yang banyak mengandung manfaat juga bisa berdampak buruk buat kesehatan. Ikan tongkol merupakan jenis ikan laut yang kaya akan manfaat karena banyak kandungan baik didalamnya. Tapi sayangnya, Ikan tongkol juga dapat membawa racun pada tubuh kita.

Sekitar 2 minggu yang lalu, saya dan teman-teman yang lain makan siang dengan menu ikan tongkol bakar. Karena tidak pernah tau atau tepatnya kurang begitu percaya tentang racun pada tongkol (hihihii :p), saya pun makan seperti biasa dan lanjut beraktifitas.

Malam harinya, nafas saya rasanya begitu berat, dada panas dan tubuh benar-benar lemas. Menurut cerita sih, katanya saya sempat pingsan gak sadarin diri. Yang saya rasakan setelah siuman adalah pusing luar biasa, dan mual-muntah berkali-kali dan perut rasanya mengeras. Campur aduk rasanya, pengen nangis yang kenceng aja waktu itu tapi malu :p

Beberapa jam kemudian, muncul buang-buang air besar berkali-kali, fesesnya air. Bener-bener lemas waktu itu. Mulai tengah malam, panas makin tinggi, tapi menurun di seperempat malam.
Pagi-paginya saya ke dokter untuk cek up karena sudah curiga dengan ulah si tongkol kemarin siang. Dan benar, ternyata saya keracunan ikan tongkol. Lucu ya, hal yang tadinya saya anggap gak mungkin tapi justru terjadi.

Saya diberikan 5 macam jenis obat oleh dokter. Setelah minum obat, panas dan pusing saya hilang tapi tidak dengan mual & buang air besarnya. walaupun frekuensi nya ((agak sedikit berkurang)).
Pesan dari dokter; tidak boleh makan pedas, harus makan dengan yang bening-bening atau bubur. Dan semenjak saat itu, kehambaran hidup saya pun dimulai (hahaha lebay :p). tapi iya rasanya susah sekali, apalagi saya ini penggila mi instant, hasrat ingin makan mi instan itu yang sulit di tahan. Tapi ini ga baik untuk ditiru ya, mi instant bener-bener jahat buat tubuh, saya pun pernah sempat opname 10 hari karena mi instant. Dan saat ini adalah proses perjuangan saya untuk mengurangi dan kemudian nantinya berhenti makan itu.

Kembali lagi ke tongkol, pasti banyak pertanyaan “masa sih tongkol bisa bikin sampe kayak gitu?” “terus apanya yang beracun?” saya pun banyak sekali pertanyaan waktu itu, akhirnya saya cari informasi melalui internet tentang kasus-kasus serupa yang saya alami, dan ternyata banyaaaaakkk.. ini dia diantaranya:


  1. http://ianegx.blogspot.com/2010/06/ikan-tongkol-oh-ikan-tongkol.html
  2.  http://www.indosiar.com/patroli/keracunan-pepes-tongkol-1-meninggal-7-dirawat_38892.html 
  3. http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/14/10/21/ndsxsk-keracunan-ikan-tongkol-puluhan-santri-di-sukabumi-diinfus 
  4. http://pontianak.tribunnews.com/2013/04/13/satu-keluarga-keracunan-ikan-tongkol 
  5. http://www.jawapos.com/baca/artikel/8343/Makan-Ikan-Tongkol-Santri-Keracunan


Sayapun cari tau lagi tentang mengapa tongkol beracun? Apakah memang ikan ini memiliki racun diantara sejuta kandungan gizinya? Dan saya menemukan informasi tentang histimin.

Histamin yaitu senyawa yang terdapat pada daging ikan umumnya dari family scombroid] yang di dalam dagingnya terdapat kadar histidin yang tinggi. Gejala keracunan akan muncul apabila kita mengkonsumsi ikan dengan kandungan histamin yang berlebih, yaitu dalam jumlah diatas 70-1000 mg. Artikel lebih lanjutnya bisa dibuka disini http://www.ririekhayan.com/2012/05/histamin-dan-alergi-pada-ikan.html
 
Selain itu, ada lagi artikel tentang ciguatera. Ciguatera merupakan kondisi keracunan pada manusia yg diakibatkan karena mengkonsumsi hewan laut (ikan) yg mengandung ciguatoxin. Penyakit ini telah dikenal sejak berabad-abad yang lalu. Ciguatera telah sering terjadi di kawasan tropis dan sub-tropis Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Racun ini dihasilkan oleh alga dinoflasgelata yg disebut Gambierdiscus toxicus. Organisme ini biasanya tertelan oleh ikan herbivor, selanjutnya ikan herbivor dimangsa ikan predator sehingga jumlah kandungan racun makin meningkat. Pada ikan racun tersebut tidak berdampak namun dapat menyebabkan sakit luar biasa bahkan dpt menyebabkan kematian pada manusia maupun mamalia yg memakan ikan beracun tsb.

Ikan2 yang beracun umumnya merupakan ikan2 karang yg hidup di dasar, walaupun ada juga ikan2 yg pelagic. Jenis ikan karang yg biasanya tidak beracun bisa menjadi beracun bila terjadi peledakan populasi alga dinoflagelata. Adapun jenis2 ikan yg diketahui beracun antara lain ikan belut laut dan kerapu karang (Plectropomus spp.). Kedua jenis tsb merupakan jenis ikan yg banyak terkait dengan ciguatera, terutama di barat daya Samudra Hindia. Sedangkan di Amerika jenis ikan yg banyak terkait dengan ciguatera adalah kerapu sunu (Epinephelus spp.). Di Australia, ikan-ikan yg dikenal dapat beracun meliputi tenggiri (Scomberomorus commersoni), kerapu (Plectropomus dan Epinephelus), barakuda (Sphyraena jello), kakap merah (Lutjanus sebae), dan kuwe (Caranx spp.).

Ikan yg mengandung ciguatoxin memiliki ciri fisik, rasa dan bau yg normal, sehingga sulit diidentifikasi. Apabila kita menemukan jenis ikan besar yg bertingkah aneh dan mudah ditangkap maka patut dicurigai bahwa ikan tersebut mengandung kosentrasi ciguatoxin yg cukup tinggi.

Dari berbagai artikel itu, saya kurang paham dari mana penyebab utama racun ikan tongkol yang saya makan. Tapi ngomong-ngomong, pasti ada pertanyaan “kok makan rame-rame tapi yang kena cuma satu orang?”. Ya lagi-lagi, mungkin selain saya lagi sial hehe :p kondisi badan saya saat itu memang sedang gak fit. Sehari sebelumnya saya sempet agak kurang enak badan karena kehujanan. Dan ternyata itu semua berdampak, jangan makan ikan laut ketika tubuh sedang kurang fit ya!


Semoga gak ada lagi kasus-kasus keracunan ikan laut lain nya. Dan semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk yang mengalami hal serupa.




Tia Karina Putri



Do not allowed to copy without permission

10 komentar:

  1. Salam kenal Mbak, terima kasih sudah mengunjung blog saya.

    Kalau ttg keracunan makan tongkol, umumnya memang karena kandungan histamin. Tapi kenapa yang lain tidak masalah? Kembali pada daya tahan, karena pada konsentrasi yg sama, belum tentu berdampak keracunan pd org lain.

    Saya pribadi, bahkan pernah mencicip histamin [sebutir kecil, mirip butiran MSG itu], hanya sepersekian detik dan rasanya luar biasa gatal di lidah. WAktu saya penasaran soale [ kerja di Lab. Perikanan masak gak tahu rasa asli histamin kan? *konyol*]



    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mbak ririe..

      wah mbak pernah sempet nyobain juga ya malah.. iya mbak saya sampai trauma makan tongkol hehehe

      Hapus
  2. Ada sentengah ikan Tongkol mengandungi racun atau darahnya ikan tersebut, kadang-kadang ada setengah orang memakan ikan tersebut boleh menjadi gatal bibir kalau darah ikan tongkol tidak dibersih sepenuhnya, buang semua isi perut ikan tongkol, sampai isinya menjadi putih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isi perut dan darah, saat ikan sdh mati, merupakan salah satu pemercepat decompose pd ikan. Nah ikan tongkol (yg sefamili) yg mengalami decompose, artinya histamin meningkat. Pertambahan jumlah histamin menjadi significant dimulai dr suhu melting es ( sekitar 4 derajat). Kalau daging merah, lebih banyak mengandung lemak. Artinya, adanya daging merah juga bisa menjadi pemicu kadar histamin

      Hapus
  3. Saya juga akan alergi berat jika makan ikan tongkol dan ikan kembung. 11

    BalasHapus
  4. saya pernah 2x keracunan ikan tongkol, pertama waktu hamil tapi krna gak percaya klu keracunan ikan tongkol bbrpa minggu kemudian masak ikan tongkol lagi dan inilah terakhir kai saya makan tongkol 7 thn silam, banyak teman bahkan bidan kandungan saya gak percaya krna mengira klu tongkol adalah ikan yg kaya gizi tapi kenyataanya saya trauma makan ikan tongkol sampai sekarang

    BalasHapus
  5. Salam kenal, Mbak Tia..

    Saya searching tentang keracunan ikan tongkol, blog Mbak Tia ini termasuk komplit untuk berbagai sumber informasinya. Salut deh (saking traumanya dengan ikan tongkol kali ya, hahaa..)

    Terus menginspirasi ya, Mbak!

    BalasHapus
  6. salam kenal mba tia
    tadi siang suami saya makan ikan tongkol terus sekarang badannya lemes dada sesak mata merah mau di bwa kerumah sakit jauh saya harus brbuat apa binggung.. mohon sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dikasih air kelapa muda mba, ato bisa juga susu putih hangat. .
      Insya allah sembuh

      Hapus
  7. Saya semalem keracunan tongkol bakar, gak cuma saya banyak juga yg lain yg pusing ini dah hampir 24 jam rasanya masih pusing

    BalasHapus